Siapkan 4 Formasi Baru, MU Siap Tumbangkan Arsenal
Siapkan 4 Formasi Baru, MU Siap Tumbangkan Arsenal

Manchester United telah melakukan persiapan matang untuk melawan Arsenal pada pekan ketujuh Liga Inggris yang berlangsung semalam, 1 November 2020. Laga antara Man United dan Arsenal ini berlangsung pukul 23.30 WIB di markas MU, Old Trafford.

Untuk berhadapan dengan Arsenal, Ole Gunnar Solskjaer telah menyiapkan empat formasi baru. Solskjaer terbilang berani untuk sering melakukan perubahan formasi karena merasa klub ini memiliki kedalaman skuad tinggi. Kini, MU siap memainkan 4 formasi mematikan yang sudah disiapkannya dalam tiap pertandingan.

Pelatih pengganti Jose Mourinho pada 2018 lalu ini dikenal sering melakukan perubahan pada susunan pemain yang dilatihnya. Hal ini dilakukan demi mencari celah kelemahan lawannya sehingga ia mampu menyusun taktik mematikan untuk laga selanjutnya. Berkat cara ini, klub Setan Merah mampu meningkatkan performanya musim lalu.

Perjalanan Solskjaer dalam Menentukan Formasi Terbaiknya

Ketika memimpin tim pada musim lalu di Liga Inggris, Solskjaer tidak pernah mengubah formasi awal pemain. Pelatih dari Norwegia tersebut mengandalkan formasi 4-2-3-1 dalam lima laga yang dimainkan oleh Man United. Formasi andalan ini membawa MU menuju posisi tinggi klasemen liga.

Dirinya mulai memainkan skema berbeda setelah Liga Champions. Dengan formasi 3-5-2, Solskjaer membawa MU memenangkan laga ketika berhadapan dengan Paris Saint-Germain di laga perdanannya. Namun tidak sampai di situ, dengan mengubah formasi menjadi 4-1-2-1-2, ia mampu membuat timnya menghancurkan RB Leipzig

Kali ini dengan menurunkan empat bek, ia mampu menguasai jalannya pertandingan dengan mudah. Ia menjelaskan bahwa selama ini timnya sudah bekerja keras demi sampai ke titik tersebut. Mereka tidak ingin usahnya jadi sia-sia demi menemukan gaya bermainnya sendiri di lapangan hijau.

Dilansir dari Mirror, Solskjaer mengungkapkan bahwa dengan mengandalkan dua gelandang tengahnya, gaya bermain dan fondasi yang ingin mereka raih berhasil dibentuk. Kini, MU memiliki kualitas permainan lebih lengkap dengan bantuan Telles, Donny, dan Cavani dalam timnya.

The Red Devils siap melakukan perubahan taktik dengan membaiknya kondisi dari Paul Pogba dan Marcus Rashford. Hal ini jadi pertimbangan mengingat banyaknya pilihan pemain yang dimiliki sehingga memungkinkan untuk tampil dengan skema 4-3-3, formasi permata, 3-4-3, atau 3-5-2 dengan mudah.

Dapatkan Pemain di Bursa Transfer, Keberagaman Skuad Pemain Meningkat

Empat formasi yang dimiliki The Red Devils didapat berkat jalan panjang Solskjaer selama menjadi pelatih. Dari melakukan bongkar-pasang pemain hingga mengalami pasang surut performa tim hingga saat ini. Hal tersebut membuktikan bahwa perubahan yang dilakukan ini tidak selalu berjalan mulus, seperti ketika MU mengalami kekalahan dari Tottenham Hotspur.

Akan tetapi, berkat tambahan pemain yang didapat dari bursa transfer musim panas lalu, kedalaman skuad pemain seperti yang diinginkan Solskjaer semakin beragam. Hal ini membuatnya mampu melakukan perubahan skema hingga mendapat empat formasi yang digunakan untuk melawan Arsenal.

Kualitas skuad pada musim ini semakin lengkap dengan hadirnya Edison Cavani sebagai penyerang, Alex Telles yang akan memegang bek kiri, dan Donny van de Beek sebagai gelandang di klub Setan Merah ini. Dengan begitu, MU memiliki lebih banyak pilihan secara taktis untuk berhadapan dengan lawan pada liga-liga selanjutnya.

Siapkan 4 Formasi Baru, MU Siap Tumbangkan Arsenal
Siapkan 4 Formasi Baru, MU Siap Tumbangkan Arsenal

Persiapan Matang untuk Menghadapi The Gunners

Kehadiran Arsenal tidak bisa dianggap remeh mengingat tim ini baru saja berhasil memenangkan pertandingan melawan Irlandia Dundalk di Liga Europa dengan skor 3-0. Keputusan untuk menggunakan empat formasi mematikan ketika melawan tim anak buah Mikel Arteta ini dinilai jadi langkah yang tepat.

Meski hasil yang diraih di tiap pertandingan liga domesti tidak menentu, Arsenal tidak bisa dianggap remeh. Arsenal sering memberi kejutan dari permainannya sehingga mampu mengalahkan lawannya, seperti dalam laga melawan Liverpool pada Piala Liga Inggris di gelaran ke-16.

MU kini berada di urutan 15 dalam klasemen Liga Inggris, tetapi melawan The Gunners tetap memerlukan strategi terbaik. Posisi ke-15 tersebut berhasil diraih berkat tujuh poin yang berhasil dikumpulkan dengan menang dua kali, seri sekali, dan kalah dua kali selama liga.

Ole Gunnar Solskjaer telah menyiapkan empat formasi baru yang digunakan oleh tim MU untuk melawan Arsenal. Empat formasi tersebut berhasil disusun berkat keberagaman pemain yang dimilikinya sehingga pilihan mereka meningkat. Dengan begitu, peluang menggunakan empat formasi dalam pertandingan semakin tinggi.