Skuad Final Timnas Belanda Akhirnya Diumumkan untuk Euro 2020

Menjelang laga Euro 2020, skuad final timnas Belanda akhirnya diumumkan dan ternyata diisi oleh pemain tak terduga. Bahkan, ada beberapa pemain debutan yang memang tampil cukup impresif musim ini. Tetapi secara keseluruhan, Skuad ini telah lolos seleksi dan yang terbaik.

Euro 2020 adalah turnamen atau perhelatan sepak bola yang diselenggarakan tiap 4 tahun sekali. Akibat selang waktu yang cukup lama, maka antusiasme pendukung negara yang ikut bertanding sangatlah tinggi. Jadi, sangat pantas untuk ditunggu oleh penggemar sepak bola.

Bukan hanya penduduk benua Eropa yang menggemari turnamen buatan UEFA ini. Memang hanya diisi oleh negara-negara yang tergabung di kontinental Eropa. Tetapi setiap pertandingan selalu disaksikan oleh seluruh mata di seluruh dunia.

Mengapa Euro 2020 Diselenggarakan 2021?

Sama seperti namanya, Euro 2020 seharusnya diselenggarakan pada tahun 2020 ini. Hanya saja baru akan diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni 2021 yang menyebabkan skuad final timnas Belanda dan tim lainnya baru diumumkan di belakangan ini setelah seleksi.

Euro pertama kali diselenggarakan pada 1960 dan akan terus diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Ini berarti edisi Euro ke-16 seharusnya akan diselenggarakan tahun 2020. Memang rencananya diselenggarakan mulai dari 12 Juni 2020 namun diundur karena alasan tertentu.

Pihak UEFA menyepakati untuk mengundur perhelatan EURO 2020 pada dasarnya adalah karena pandemi yang masih berbahaya di Eropa. Takutnya pemain, staff, dan pihak official lainnya akan menjadi penyebar virus ini di banyak daerah di benua Eropa.

Maka dari itu, pengundian yang memang sudah dilakukan dari 2019 tetap sama. Jadi, tim yang akan berlaga di EURO dapat mempersiapkan dan mematangkan timnya lagi. Tetapi dari FIFA sebagai federasi sepak bola dunia sangat melarang laga uji coba karena berbahaya.

Maka dari itu, semua negara yang akan berpartisipasi di Euro mendapat pemberitahuan bahwa turnamen ini akan diundur satu tahun hingga Juni 2021. Tetapi nama EURO 2020 tetap akan dipakai karena memang edisi 2020 dan hanya diundur satu tahun.

Nama Pemain yang Mengisi Skuad Final Timnas Belanda untuk EURO 2020

Belanda umumnya diisi oleh pemain-pemain bintang dan banyak berlaga di liga yang bergengsi. Maka dari itu, pelatih timnas Belanda, Frank de Boer, akhirnya mengumumkan 26 nama untuk mengisi skuad Belanda. Nama-nama pemain yang berhasil lolos seleksi adalah:

Penjaga Gawang :

  1. Jasper Cillesse
  2. Maarten Stekelenburg
  3. Tim Krul

Pemain Bertahan :

  1. Daley Blind
  2. Nathan Ake
  3. Jurrien Timber
  4. Stefan De Vrij
  5. Matthias De Ligt
  6. Owen Wijndal
  7. Joel Veltman
  8. Denzel Dumfries
  9. Patrick Van Aanholt

Setelah melihat nama skuad final timnas belanda yang mengisi posisi belakang ini, mungkin ada sedang mencari-cari satu nama. Benar, Virgil Van Dijk yang sedang berada di masa kejayaannya tidak dipanggil. Namun, ini mungkin karena alasan belum pulihnya dari cedera.

Pemain Tengah

  1. Ryan Gravenberch
  2. Donny Van De Beek
  3. Georgino Wijnaldum
  4. Frenkie De Jong
  5. Marten De Roon
  6. Teijin Koopmeiners
  7. Davy Klassen

Pemain Depan

  1. Memphis Depay
  2. Luke De Jong
  3. Quincy Promes
  4. Donyell Malan
  5. Wout Werghost
  6. Steven Berghuis
  7. Cody Gakpo

Dengan telah dikeluarkannya daftar nama pengisi skuad ini, dapat kita lihat banyak pemain bintang maupun pemain dengan nama yang tidak kita kenal. Namun pastinya, Belanda memasang target tinggi sehingga pasti akan memilih pemain yang paling tepat.

Belanda dikenal luas dengan sebutan The Oranje yang berarti jingga. Kostum timnas Belanda memang didominasi oleh warna oranye yang menjadi warna kebanggaan. Kostum ini juga yang nantinya akan digunakan oleh skuad final timnas Belanda yang baru saja diumumkan.