Spanyol Resmi Lolos ke Piala Dunia 2022, Luis Enrique Bernafas Lega

Seperti yang kita tahu, Luis Enrique merasa lega setelah timnya Spanyol mampu mengalahkan timnas Swedia dengan skor 1-0. Dia mengungkapkan rasanya seperti melepaskan beban 100 kg karena memikirkan apakah Spanyol mampu lolos atau sebaliknya.

Namun nyatanya kemenangan berhasil ia raih usai menjadi juara Grup B pada babak penyisihan zona eropa. Tim matador sendiri mampu meraih 3 poin penting di Estadio De La Cartuja Sevilla.

Kemenangan Spanyol Untuk Lolos ke Piala Dunia 2022

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Spanyol mampu memenangkan juara Grup B dengan perolehan 19 poin. Poin keseluruhan ini didapat dari 6 kemenangan, 1 imbang dan 1 kekalahan.

Sementara Swedia sendiri harus bermain di babak playoff usai finis sebagai runner up grup, dimana berhasil meraih 5 kemenangan dan 3 kekalahan. Pernyataan Enrique soal bebas dari tekanan memang benar adanya.

Sebelumnya Enrique selaku pelatih timnas Spanyol kerap dikritik karena tidak bermain secara efektif. Memang benar jika Spanyol mampu menguasai bola, namun tidak dengan meraih kemenangan.

Sama seperti pada laga berjuluk La Furia Roja yang kesulitan untuk mencetak skor lini belakang dari pemain Victor Lindelof.

Dilansir dari berbagai sumber, pada laga itu Spanyol berhasil mencatat 669 operan, namun hanya berhasil menghasilkan rataan harapan gol senilai 1,22 persen. Itu juga dibantu Sergio Busquets dan kolega yang mencetak 1 gol dari lima tembakan tepat sasaran.

Melihat kilas balik tersebut, Enrique mengaku cukup tertekan. Pelatih berusia 51 tahun tersebut mengaku tekanan pada Piala Dunia 2022 jauh lebih besar ketimbang Piala Eropa dan perempat final UEFA Nations League.

Saking tegangnya, Enrique merasa seperti melepaskan ransel seberat 100 kilogram. Ia merasa tekanan fase kualifikasi ini jauh lebih besar ketimbang Piala Eropa dan UEFA Nations League.

Hal ini tidak lepas dari kritikan yang selama ini ia peroleh berdasarkan posisinya sebagai pelatih.

Enrique sendiri menilai bahwa permainan Swedia yang terus melepaskan 8 tembakan dengan tingkat dominasi 28% membuatnya tegang sepanjang laga. Bahkan rasanya seperti pertunjukan sirkus.

Lalu Negara Lain Manakah yang Lolos ke Piala Dunia 2022?

Negara pertama yang berhasil mendapatkan tiket Piala Dunia 2022 adalah si tuan rumah, Qatar. Ya tentunya karena mereka menyandang tim tuan rumah pada turnamen terbesar November-Desember 2022 mendatang.

Kemudian ada anak asuhan Hansi Flick yaitu Jerman. Disusul Die Mannschaft pada putaran final yang hanya menerima satu kekalahan di Grup J kualifikasi Piala Dunia 2022 zona eropa.

Selanjutnya ada Timnas Denmark dan Timnas Dinamit yang berhasil meraih kemenangan dari Grup F, bahkan tanpa kekalahan sama sekali.

Tim berikutnya sendiri adalah Brasil yang resmi lolos pada Piala Dunia 2022. Untuk sekarang ini selain Lionel Messi dan rekannya di Argentina, ada Tim Samba dari Zona Amerika Selatan yang berhasil mendapatkan tiket ke Qatar.

Disusul dengan timnas perancis yang menjadi juara grup D Zona Eropa, sementara Belgia ada di Grup E. Belum cukup, ada Timnas Kroasia yang berhasil lolos dari Grup H dan Spanyol dari Grup B.

Sementara dari timnas Serbia secara mengejutkan mampu mengalahkan timnas portugal dan  keluar sebagai juara grup A. Atas kekalahan yang dialami Cristiano Ronaldo ini, maka dirinya dan rekan setim harus menjalani babak playoff untuk bisa maju di ajang Piala Dunia 2022.

Meski begitu, mereka hanya membutuhkan 1 kemenangan untuk mendapatkan tempat dari 4 slot di zona Amerika Selatan. Kepastian ini baru bisa kita lihat pada kualifikasi babak playoff di Maret 2022 mendatang.