Stadion Olimpico: Mengenal Stadion Pembuka Laga Euro 2021  

UEFA telah menetapkan bahwa Piala Euro kali ini akan memiliki 12 tuan rumah serta menetapkan mana stadion pembuka laga Euro nantinya. Memang pada gelaran edisi kali ini UEFA mengambil langkah yang menarik sebagai upaya perayaan 60 tahun Piala Euro. Untuk itu, dipilihlah 12 tempat lokasi.

12 stadion yang akan menampilkan laga nanti adalah Alianz Arena, Baku Olympic Stadium, Hambden Park, St. Petersburg Stadium, Puskas Ferenc Stadion, Arena Nationala, Johan Cruijff Arena, Estadio San Mames, Aviva Stadium, Olimpico Stadium, Wembley Stadium, dan Parken Stadium.

Namun dari sekian banyak stadion yang dipilih, manakah yang akan menjadi pembuka laga Piala Euro 2021 mendatang? UEFA sudah menunjuk Stadion Olimpico Roma sebagai pembuka laga pada gelaran mendatang. Tentu saja ada beragam alasan mengapa stadion ini dipilih untuk membuka pesta sepak bola Eropa tersebut.

Namun sebelum itu, Anda mungkin harus tahu bahwa UEFA memilih 12 stadion tersebut karena melihat budaya dan sejarah panjang yang ada. Ini terutama bagi perkembangan eropa sehingga kesan bahwa Euro kali ini sebagai perayaan 60 tahun bisa dirasakan oleh seluruh lapisan dari segala penjuru Eropa.

Stadion Olimpico: Mengenal Stadion Pembuka Laga Euro 2021   

Memiliki Nilai Historis

Italia, khususnya Roma adalah salah satu cerita panjang dalam perjalanan Eropa. Tentu Anda masih ingat dengan bagaimana berkuasanya Kekaisaran Romawi pada jaman dulu yang telah membuka peradaban modern di seluruh Benua Eropa. Bahkan karena dari sinilah Eropa yang sekarang bisa menjadi negara yang maju.

Karena hal tersebut, nilai historis kota ini sangat terasa sehingga jika stadion pembuka laga Euro berada di Roma tidak akan salah. Ini juga untuk mengingat kejayaan yang telah dibawa oleh Roma kepada Eropa. Selain itu, akar budaya sepak bola di Italia juga termasuk kelas atas.

Bahkan jika mengingat dalam beberapa dekade terakhir, sepak bola Italia selalu mendominasi tanah Eropa. Pemilihan Stadion Olimpico juga bertujuan untuk mengingat masa kejayaan sepak bola Italia. Meskipun saat ini sepak bola di Italia mulai menurun karena persaingan ketat dengan liga-liga populer lainya.

Sering Mengadakan Laga Final

Tidak banyak stadion yang ditunjuk untuk mengadakan laga final sebuah turnamen. Namun Stadion Olimpico Roma sudah sering sekali menjadi tuan rumah laga final, baik itu kompetisi level klub seperti Liga Champions atau kompetisi internasional seperti Piala Dunia maupun Piala Eropa.

Setidaknya Stadion Olimpico Roma sudah 2x mengadakan laga final Piala Euro, yaitu pada tahun 1996 dan tahun 2009. Selain itu, stadion ini juga merupakan sarana olahraga terbesar di Kota Roma dan terletak di pusat kota. Karena itu dipilih stadion pembuka laga Euro berada di Olimpico.

Mendapat Rating Bintang 4

Olimpico Stadium diberikan rating bintang 4 oleh UEFA yang berarti bahwa stadion ini memiliki kelayakan untuk menggelar beberapa pertandingan penting. Sebagai laga pembuka, biasanya akan diadakan berbagai pesta kembang api hingga tarian untuk menyambut pembukaan laga. Olimpico Stadium dirasa sangat sesuai dengan hal itu.

Selain itu, aset dari Italian National Olympic Comittee juga memiliki desain yang menawan. Tribun penonton dibuat demi kenyamanan banyak orang dan jika dilihat dari atas, nampak bagian atas tribun seperti bergelombang. Ini salah satu yang menjadi alasan mengapa UEFA memberikan rating 4 pada Olimpico Stadium.

Kapasitas Lebih Dari 70.000 Penonton

Sebagai stadion dengan nilai historis yang tinggi, Olimpico Stadium nyatanya mampu menampung hingga 72.698 penonton. Ini terbagi dalam 8 tribun dengan Tribuna Monte Mario dan Tribuna Tevere yang menampung lebih dari 16.000 penonton. Tribun lain memiliki rata-rata kapasitas 4.000 hingga 8.000 penonton.

Dengan banyaknya kapasitas penonton tersebut, Olimpico Stadium memang layak ditunjuk sebagai stadion pembuka laga Euro. Masyarakat Eropa bisa menonton di Kota Roma sambil menikmati suasana klasik kota. Bisa dipastikan bahwa laga pembuka nanti akan sangat meriah mengingat persiapan laga pembuka yang matang.

UEFA sendiri menetapkan Olimpico Stadium sebagai pembuka laga dengan banyak harapan, salah satunya untuk mensukseskan perhelatan akbar tersebut. Kota dengan penuh nilai historis ditambah antusiasme sepak bola yang tinggi menjadikan Olimpico sebagai stadion pembuka laga Euro paling sukses sepanjang sejarah.