Teken Aubameyang dan Zakaria, Chelsea Jadi Klub Paling Boros
Teken Aubameyang dan Zakaria, Chelsea Jadi Klub Paling Boros

Setelah teken Aubameyang dan Zakaria, dilaporkan Chelsea menjadi klub Liga Inggris paling boros dalam melakukan belanja pemain di bursa transfer musim panas.

The Blues resmi mendatangkan pemain barunya itu di deadline bursa transfer. Selanjutnya kedua pemain tersebut diperkenalkan pada Jumat, 2 September 2022 pagi waktu setempat.

Pemain pertama yang ditampilkan ke publik Chelsea adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang asal Gabon yang sebelum ini membela Barcelona memang sudah lama menjadi incaran.

Meski pada akhirnya The Blues berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain, tapi proses negosiasi kedua belah pihak sempat berjalan dengan alot.

Pemain berusia 33 tahun itu mendapatkan kontrak selama dua tahun. Dengan kedatangan sang pemain, diharapkan lini depan skuad asuhan Thomas Tuchel akan bertambah daya serangnya.

Selain pemain asal Gabon itu, Chelsea juga mendatangkan Denis Zakaria dengan status pinjaman dari Bianconeri.

Meski statusnya pinjaman, tetapi The Blues punya opsi untuk mempermanenkan gelandang asal Swiss tersebut apabila sang pemain tampil moncer di musim ini.

Dilansir dari Sky Sports News, dengan mendatangkan kedua pemain tersebut, membuat klub asal London utara ini memecahkan rekor belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini.

Berkaca dari data diatas, kurang lebih 278,4 juta poundsterling dihabiskan untuk belanja pemain, paling banyak diantara klub Liga Inggris yang lain.

Meski sebenarnya, penandatanganan kedua pemain baru tersebut bukanlah sebab membengkaknya biaya yang harus dikeluarkan.

West Ham Terboros Nomor Dua

Wesley Fofana
Wesley Fofana

Demi mendapatkan Aubameyang, Chelsea hanya mengeluarkan dana sebesar 10 juta pounds plus Marcos Alonso untuk membayar Barcelona.

Denis Zakaria sendiri, hanya membutuhkan biaya 3 juta euro sebagai biaya peminjaman dari Juventus.

Pembelanjaan terbesar klub terjadi saat mendaratkan Wesley Fofana sebesar 80 juta euro dari Leicester City dan Marc Cucurella senilai 65 juta euro dari Brighton.

Setelah Chelsea, West Ham merupakan klub Liga Inggris kedua yang menggelontorkan dana besar untuk belanja pemain. Total Nilai yang dikeluarkan mencapai 179,15 juta poundsterling.

Rekor tersebut dicapai setelah kedatangan Lucas Paqueta dari klub Liga Prancis, Lyon dengan biaya sebesar 37,13 juta pounds.

Tempat ketiga diduduki oleh Tottenham dengan total belanja sebesar 172 juta poundsterling. Richarlison didatangkan dari Everton dengan biaya 58 juta euro.

Sedangkan Cristian Romero, mendarat dari Atalanta dengan nilai tukar 50 juta euro merupakan rekrutan kedua termahal klub.

Nottingham Forest menduduki peringkat 4 dengan total belanja 157,25 poundsterling, lalu disusul oleh Manchester City dengan nilai 128,8 juta pounds, dan Newcastle United sebesar 123 juta pounds.