Tim Paling Murah Hati di Matchday Pertama Euro 2020

Matchday pertama pada gelaran Euro 2020 sudah rampung digelar, 12 laga pada 6 grup sudah selesai. Dari matchday pertama ini, tercatat 28 gol di dalam 12 pertandingan.

Sedangkan menurut data yang dihimpun dari infogol, nilai dari expected gol atau xG dari matchday pertama berada di angka 32,54. Ternyata dari tim yang berlaga di pertandingan ini, terdapat tim yang “bermurah hati” pada lawan dan memberikan peluang.

Tim-tim tersebut seperti banyak memberikan lawan kesempatan agar bisa menciptakan peluang berkualitas di dalam matchday pertama, kualitas peluang tersebut disebut dengan xGA atau expected goals against.

Tim Paling Murah Hati di Matchday Pertama

Berikut beberapa tim yang “bermurah hati” memberikan peluang-peluang untuk tim lain pada matchday pertama.

1. Rusia

Rusia memiliki nilai xGA di angka 1,6, perolehan angka ini didapatkan ketika menghadapi Belgia. Nilai xGA adalah akumulasi 9 peluang Belgia yang masuk di pertahanan Rusia.

Di dalam lagan ini Rusia terpaksa harus menelan mentah-mentah kebobolan 3 gol dari Belgia tanpa balasan.

2. Slowakia

Posisi berikutnya adalah Slowakia. Slowakia memiliki nilai xGA 1,78 ketika melawan Polandia. Nilai xGA tersebut adalah keseluruhan dari 17 peluang Polandia di dalam laga tersebut.

Ketika ada dalam pertandingan ini, meskipun keteteran untuk masalah xG namun Slowakia bisa memenangi laga dengan angka 2-1.

3. Turki

Posisi tim “bermurah hati” berikutnya adalah Turki. Menurut perhitungan, Turki memiliki angka xGA 2.00 di laga melawan Italia. Nilai xGA ini adalah akumulasi 24 peluang Italia di laga tersebut.

Dalam laga melawan Italia, Turki harus mau menelan kekalahan dengan angka 3 gol tanpa memberikan balasan.

4. Ukraina

Berikutnya adalah Ukraina. Ukraina memiliki nilai xGA sebesar 2.1 ketika melawan Belanda. Nilai xGA tersebut adalah jumlah keseluruhan 15 peluang yang diciptakan oleh Belanda ketika berada di laga tersebut. Ukraina terpaksa harus menelan kekalahan 2-3 dari Belanda.

5. Finlandia

Ketika melawan Denmark, Finlandia mencatat xGA 2.1. Nilai xGA tersebut adalah jumlah keseluruhan 22 peluang yang diciptakan oleh Denmark saat laga berlangsung. Hasil akhir dari laga ini dimenangkan oleh Finlandia dengan angka 1-0.

6. Republik Ceko

Republik Ceko memiliki nilai xGA di angka 2,23 ketika melawan Skotlandia, nilai xGA tersebut adalah jumlah dari 19 peluang yang dicetak oleh Skotlandia. Meskipun Republik Ceko cukup “bermurah hati”, namun Ceko dapat memenangkan pertandingan dengan 2 gol.

7. Makedonia Utara

Sepanjang matchday pertama Euro 2020, Makedonia Utara memang cukup bermurah hati pada lawan. Makedonia Utara memiliki nilai xGA di angka 2,5 ketika melawan Austria.

Nilai xGA tersebut adalah jumlah keseluruhan 10 peluang yang dimiliki Australia ketika laga tersebut berlangsung. Dalam pertandingan ini, Makedonia Utara terpaksa harus menelan pil kekalahan dengan skor 1-3.

8. Swedia

Swedia juga menjadi tim yang cukup bermurah hati pada lawan di matchday pertama Euro 2020. Menurut infogol, Swedia memiliki nilai xGA di angka 2,57 ketika melawan Spanyol.

Nilai xGA tersebut adalah jumlah dari 17 peluang yang dimiliki oleh Spanyol. Namun di dalam laga ini, Swedia masih beruntung karena mampu menahan gejolak Spanyol tanpa gol.

9. Hongaria

Hongaria memiliki nilai xGA 3,28 di laga melawan Portugal. Nilai xGA tersebut adalah jumlah peluang Portugal di dalam pertandingan tersebut. Hongaria memang harus mengakui keunggulan Portugal dengan 3 goal tanpa balas.

Selain berbagai tim di atas, masih ada Wales. Memang, tim-tim ini tidak bermaksud memberikan peluang bagi tim lawan. Tentu saja dengan adanya daftar ini bisa memberikan pelajaran tersendiri.