Tottenham Kalahkan West Brom 2-0, Kane Kembali Cetak Skor

Tottenham Hotspur berhasil mengamankan angka penuh dalam pertandingan Minggu (07/02) Malam kemarin. Dalam pertandingan pekan ke-23 Liga Inggris 2020-2021 ini, Tottenham menaklukkan West Bromwich Albion (WBA) dengan skor 2-0. Harry Kane dan Son Heung-min menjadi bintang bagi The Lilywhite karena membawa timnya pada kemenangan.

Pada babak pertama, Spurs masih tertahan dan belum bisa mencetak gol sama sekali. Pada menit ke-54, tim asuhan Jose Mourinho bisa lepas dari kebuntuan tersebut. Kane berhasil merebut gol pertama, kemudian disusul oleh Son empat menit setelahnya.

Kemenangan ini melepas Spurs dari laju negatif setelah kalah dari Liverpool, Brighton & Hove Albino, dan Chelsea secara beruntun. Kini, Tottenham berada di peringkat ketujuh dalam klasemen Liga Inggris dengan 36 poin. Sedangkan WBA berada di peringkat ke-19 dengan koleksi 12 angka.

Tidak Ada Raihan Gol di Babak Pertama

Tottenham Hotspur seperti membara setelah tidak dapat menambah pundi-pundi poin dari tiga laga terakhir. Akibatnya, mereka menyerang dari menit pertama untuk mencetak gol. Secara kebetulan, West Brom lebih fokus untuk bertahan untuk bisa menentukan peluang serangan balik.

WBA mendapatkan peluang pertama mereka pada menit kesembilan. Namun sayangnya, peluang lewat sundulan Mbaye Diagne belum berhasil menyumbangkan gol pertama karena bola masih melambung. Peluang pertama WBA membuat tuan rumah tersulut. Tottenham berusaha membalas melalui tembakan dari Son Heung-min selang satu menit setelahnya.

Akan tetapi, sayangnya tembakan balasan ini bisa diamankan Sam Johnstone. Lini serang tim Spurs menjadi lebih tajam berkat kembalinya Harry Kane dari cedera. Pemain asal Inggris ini menciptakan peluang pada menit ke-15. Akan tetapi, tembakan dari kaki kirinya masih menyimpang dan gagal menciptakan gol.

Tuan rumah semakin menggencarkan serangan ketika sudah memasuki 10 menit terakhir babak pertama. Harry Kane kembali mencoba memanfaatkan kans di menit ke-37, namun Sam Johnstone berhasil menghalau bola. Spurs masih melakukan serangan, salah satunya dari sundulan Serge Aurier.

Lagi-lagi, Sam Johnstone berhasil melakukan penyelamatan dramatis di gawangnya. Menjelang turun minum, tim tamu hampir mencetak skor pertama dengan menembus gawang lawan lewat sundulan Mbaye Diagne. Akan tetapi, bola dari sundulan itu bisa diselamatkan Hugo Lioris dari garis gawang. Akhirnya, babak pertama berakhir tanpa gol sama sekali.

Tottenham Mencetak Dua Gol di Babak Kedua

Di babak kedua, Son Heung-min hampir menjebol pertahanan Sam Johnstone ketika permainan baru dimulai. Namun, peluang ini masih bisa dihalau dengan kakinya. Akhirnya pertahanan WBA bisa ditembus Harry Kane pada menit ke-54. Kane berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Pierre-Emile Hojbjerg untuk bisa menembus jaring gawang.

Son Heung-min seakan tidak mau kalah dari Kane, dirinya berhasil menggandakan skor pada menit ke-58. Dirinya menerima umpan terobosan dari Lucas Moura dan mengolahnya jadi gol kedua. Sam Johnstone sempat menepi bola dari Son, tetapi usahanya masih belum cukup untuk mengamankan gawangnya.

Setelah kebobolan dua gol, WBA sempat membobol gawang tuang rumah dengan sundulan Diagne pada menit ke-60. Hanya saja, gol ini dianulir karena offside. Diagne tidak menyerah dan melakukan gol untuk kedua kalinya pada menit ke-82. Akan tetapi, lagi-lagi gol ini juga dianulir.

Kedua tim masih terus melakukan serangan atau bertahan untuk mengamankan gawangnya. Namun, pada akhirnya tidak ada tambahan gol sama sekali yang tercipta hingga wasit Stuart Attwell meniup peluit panjang tanda babak pertama telah berakhir.

Dengan berakhirnya pertandingan, Tottenham Hotspur keluar sebagai juara dan berhasil meraih kemenangan pertama setelah terpuruk di tiga pertandingan sebelumnya. Menurut pakar Liga Inggris, Efan Ekoku, Spurs berhasil memenangkan pertandingan berkat kesabarannya setelah babak pertama berakhir tanpa raihan gol sama sekali.