Tottenham Lolos 16 Besar Piala FA Usai Kalahkan Wycombe

Tottenham Hotspur baru saja mengamankan tiket menuju babak 16 besar Piala FA 2020-2021. Spurs menaklukkan tim asal divisi Championship, Wycombe Wanderers. Dalam pertandingan yang berlangsung di Adams Park itu, Spurs menutup skor kemenangan 4-1.

Tottenham memang awalnya tertinggal di awal pertandingan karena gol pertama diambil oleh Fred Onyedinma di menit ke-25. Akan tetapi, skuad asuhan Jose Mourinho ini mampu membalas gol Wycombe berkat Gareth Bale, Harry Winks, dan Tenguy Ndombele.

Tottenham berhasil memenangkan laga ini tanpa skor tambahan lagi untuk Wycombe. Setelah lolos ke babak 26 besar, mereka akan berjumpa dengan Everton. Everton juga berhasil lolos setelah menang dari Sheffield Wednesday dengan skor 3-0. Laga 16 besar itu nantinya akan berlangsung bulan Februari.

Gol Pertama Direbut Wycombe, Tottenham Sempat Tertinggal

Sebelum mencetak gol pertama, Wycombe menciptakan peluang bagus dari Admiral Muskwe di menit ke-7. Akan tetapi, mereka tidak mampu mengeksekusi peluang itu menjadi sebuah gol karena sundulan jarak delat yang dilakukan Muskwe dengan mudahnya ditepis Joe Hart, kiper utama Spurs untuk laga ini.

Meski begitu, mereka akhirnya bisa mencuri satu angka yang membuat unggul lebih Wycombe. Bola yang ditendang Crossing Uche Ikpeazu dari depan gawang awalnya membentur pertahanan Spurs. Namun, Fred Onyedinma berhasil mengambil alih bola dan membobol gawang Hart dalam satu tembakan.

Kini Tottenham tertinggal satu gol. Hal ini membuat mereka mengerahkan serangan untuk membalasnya. Erik Lamela berusaha melakukan tendangan jarang jauh yang dilancarkan di menit ke-42. Akan tetapi, tendangannya masih lemah dan dapat diamankan Ryan Allsop, kiper Wycombe dengan mudah.

Spurs masih mencoba menekan Wycombe dan dua menit setelah serangan dari Lamela digagalkan, Japhet Tanganga mencoba melakukan sundulan ke arah gawang. Namun, bola masih membentur tiang gawang dan membuat upayanya untuk mencetak gol gagal.

Usaha Tottenham tidak sia-sia setelah mereka berhasil menyamakan kedudukan dengan satu gol balasan. Gareth Bale sukses memanfaatkan umpan trobosan dari kotak penalti yang dilakukan oleh Lucas Moura. Bale yang cermat memanfaat peluang ini akhirnya berhasil mempersembahkan gol pertama untuk Tottenham tepat saat injury time babak pertama.

Saat itu, gawang lawan sangat minim penjagaan sehingga striker Wales itu hanya berhadapan dengan kiper. Satu sepakan Gareth Bale berhasil membuat bola melesat langsung ke dalam gawang. Hingga babak pertama selesai, skor masih tetap imbang 1-1.

Jarak Angka Kedua Tim Makin Bertambah di Babak Kedua

Di babak kedua, Lamela mendapat peluang lagi di menit ke-48. Akan tetapi Allsopp menangkap bolanya dengan mudah. Bahkan tujuh menit kemudian, sepakan Lamela masih saja mudah untuk dimentahkan. Harry Kane dan Son Heung-min diturunkan ke lapangan pada babak ini untuk meningkatkan performa lini depan.

Allsopp masih menguasai pengamanan di area gawangnya, terbukti dia mampu menggagalkan tembakan dari Kane ketika dirinya hampir saja menambah gol lagi di menit ke-70. Akhirnya, Tottenham berhasil menggandakan gol di menit ke-86. Harry Winks berhasil melepaskan tembakan sehingga bola melesat masuk gawang dari sudud kiri.

Tottenham merasa sedikit tenang ketika sudah unggul satu gol. Memanfaatkan sisa waktu mereka, dua gol berhasil dikantongi sehingga selisih angka semakin melebar. Selang satu menit setelah gol kedua, Son melakukan cut inside ke kotak penalti lawan.

Karena melihat Tanguy Ndombepe bebas tanpa pengawasan musuh, dengan cerda Son mengoper bola padanya. Menerima bola umpan, pemain asal Perancis itu langsung mengarahkan bola ke gawang lawan deng tembakan kaki kanannya.

Untuk keduakalinya, Ndombele menambah angka lagi di menit ke 90+2. Kali ini dia memanfaatkan umpan dari Pierre-Emile Højbjerg. Tendangannya sempat mengecoh kiper Allsop sehingga dirinya mati langkah dan membiarkan gawang menyambut bola itu. Pertandingan usai dengan skor 4-01, Tottenham menutup laga dengan kemenangan.