Tradisi Bawa Pulang Bola Apabila Pemain Mencetak Hat-trick
Tradisi Bawa Pulang Bola Apabila Pemain Mencetak Hat-trick

Sudah menjadi tradisi apabila pemain bisa mencetak hat-trick dalam satu pertandingan, maka pemain tersebut berhak untuk membawa pulang bola dari pertandingan.

Seperti yang diketahui, mencetal gol pada level profesional bukan hal yang mudah, terlebih tiga gol dalam satu pertandingan.

Untuk itu, para pemain bola biasanya akan mencari cendera mata untuk dibawa pulang sebagai suvenir, dimana benda yang paling mudah adalah bola.

Biasanya, bola tersebut akan ditandatangani oleh rekan satu tim mereka sehingga nantinya mereka bisa menjadikan bola itu sebagai kenang-kenangan kala mereka sudah pensiun.

Pencetak Hat-trick Pertama

 

Bert Patenaude
Bert Patenaude

Meski tidak ada peraturan tertulis mengenai hal tersebut, tetapi membawa pulang bola pertandingan sebagai suvenir apabila sang pemain mampu mencetak tiga gol sudah menjadi hal yang lumrah terjadi.

Siapa pun yang berhasil mencetak hat-trick dalam pertandingan diperbolehkan untuk memboyong bola apabila mereka menginginkannya

Pada level internasional pencetak tiga gol pertama adalah pemain Skotlandia yang bernama John McDougall. Dirinya berhasil mencetak gol-gol tersebut saat melawan Inggris pada tanggal 2 Maret 1878.

Ada juga Bert Patenaude, seorang pemain Amerika Serikat yang berhasil menjadi pencetak hat-trick pertama di Piala Dunia FIFA saat bertemu dengan Paraguay tahun 1930.

Lebih Dari 1 Pemain Mencetak Hat-Trick

Kyogo Furuhashi dan Liel Abada
Kyogo Furuhashi dan Liel Abada

Di awal Januari 2004, Juventus mendapatkan nilai imbang 3-3 saat bertemu Empoli. Pada laga tersebut, masing-masing pemain dari kedua tim berhasil mencetak tiga gol. David Trezeguet untuk Juventus, sedangkan Tommaso Rocchi mencetaknya untuk Empoli.

 

Karena pemberian bola tidak ada dalam peraturan tertulis, maka penerapannya tidak selalu sama. Kala itu Rocchi dianggap sebagai pemain yang berhak untuk membawa bola karena dirinya berhasil mencatatkan gol-gol tersebut lebih dulu pada menit ke-62, dimana Trezeguet melakukannya di menit ke-76.

Berbeda penerapan dengan yang terjadi pada Agustus 2022, dimana ada 2 pemain Celtic yang berhasil mencetaknya dalam 1 pertandingan.

Kyogo Furuhashi dan Liel Abada mencetak gol-gol tersebut ketika bersua Dundee United dan berhasil menggebuk tuan rumah dengan skor 9-0.

Setelah pertandingan selesai, kedua pemain tersebut sama-sama mendapatkan bola pertandingan.

Tidak Semua Pemain Mendapatkan Bola

Megabintang Swedia Ibrahimovic sempat mengalami kejadian kurang mengenakkan saat permintaannya untuk membawa pulang bola ditolak oleh wasit Tony Chapron.

Hal tersebut terjadi ketika Zlatan membela klub papan atas Prancis, Paris Saint-Germain.

Video mengenai adu mulut antara keduanya bisa anda saksikan dibawah ini..

Tetapi pada akhirnya, Ibrahimovic tetap berhasil membawa bola tersebut sebagai kenang-kenangan.