Upaya Barcelona yang Ingin Kontrak Permanen Adama Traore

Tim raksasa asal Spanyol, Barcelona kini sedang mempertimbangkan untuk mempertahankan Adama Traore dengan kontrak jangka panjang. Pemain baru Barca yang didatangkan dari Wolverhampton sebenarnya berasal dari akademi La Masia.

Bahkan Adama telah merasakan debut bersama Barca di tim utama pada tahun 2013. Sekitar 8 tahun berselang, akhirnya Traore kembali ke Camp Nou yang menjadi rumahnya disaat Ia masih belia.

Skill dan penampilan debut kedua bersama Barcelona di tahun 2022 membuat perhatian publik berfokus pada Adama. Bagaimana tidak, pemain jangkung tersebut lebih memilih dipulangkan ke Barcelona dibandingkan dikontrak Tottenham Hotspurs.

Padahal dari segi uang, Spurs berani membayar lebih banyak dibandingkan Barca demi jasa Adama. Kecintaan Adama terhadap Blaugrana tidak pernah luntur meskipun menerima gaji lebih kecil dibandingkan saat berseragam Wolverhampton.

Barcelona membutuhkan jasa Traore, dan Ia berhasil membuktikan di penampilan perdana saat melawan Atletico Madrid (6/2/2022). Performa fantastis ditunjukkan Adama berhasil menyita perhatian seluruh fans di markas stadion Camp Nou.

Debut yang memukau dari Adama membuat manajemen Barca sedang berupaya keras untuk mengajukan kontrak permanen. Sebab Traore hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dengan kontrak berakhir di akhir musim 2021/2022.

Ingin Permanenkan Adama, Inilah Upaya dari Barcelona

Langkah tegas diambil langsung oleh pengurus Barcelona ketika melihat penampilan bagus Adama Traore disaat debut pertamanya. Adapun upaya dari manajemen Barca demi mengamankan jasa Traore menjadi permanen dengan langkah berikut.

1. Membuang Pemain Gaji Tinggi

Barcelona dilanda krisis ekonomi, demi mempermanenkan Adama agar tetap di Camp Nou, tentunya harus membuang beberapa pemain bergaji tinggi. Usaha ini telah dilakukan, yaitu harus mendepak Dembele, Umiti, dan Lenglet.

2. Barter Pemain

Upaya lain dari Barelona demi mempermanenkan Traore adalah dengan melakukan barter antar pemain. Kalau masa kontrak sudah habis, barter menjadi alternatif terbaik yang bisa diupayakan untuk Adama bertahan di Barca.

3. Meneken Kontrak Sponsor

Selanjutnya, ada upaya yang tidak main-main dilakukan oleh manajemen Barca yaitu dengan meneken kontrak sponsor. Demi mengamankan Adama lebih lama, Barcelona sudah menjalin kontrak dengan Spotify sebagai sponsor utama tim.

Barcelona dan Spotify akan menjalin kerjasama dengan durasi 3 musim mulai dari 2022/2023. Hasil jalinan kerjasama tersebut, Barca berhak mendapatkan dana segar senilai Rp280 juta Euro, atau sekitar Rp4,6 triliun.

4. Memasukkan Adama di Proyek Barca

Demi mendapatkan kontrak permanen Adama, Barca juga berupaya memasukkan Traore ke dalam proyek jangka panjang. Melihat penampilan yang memukau, tidak ada kendala untuk mempermanenkan winger yang dipinjamkan dari Wolverhampton.

Alasan Barca Ingin Permanenkan Adama Traore

Adama Traore menjadi winger yang memiliki perkembangan pesat, salah satunya ditandai dengan bentuk tubuh kekar, lincah, dan skill dribble bagus. Sebelum dipinjam Barca, Adama juga memiliki performa bagus bersama Wolverhampton.

Melihat alasan pertama dari Barca ingin mempermanenkan Traore karena ingin berhasil menunjukkan skill terbaik saat debut berlangsung. Traore langsung dijadikan starter oleh pelatih Xavi dan berhasil memenuhi ekspektasi.

Disaat debut pertandingan pertama, Traore berhasil mencetak satu assist yang diberikan kepada Gavi, rekan setimnya. Pergerakan berbahaya selalu diberikan Traore sehingga mampu menjadi ancaman serius bagi tim-tim La Liga lainnya.

Alasan lain keinginan Blaugrana mengontrak permanen Traore karena memang dibutuhkan dan masuk rencana tim. Saat ini Barca sedang krisis pemain lini depan, adanya Adama bisa mengisi kekosongan tersebut secara baik.

Terakhir, alasan Traore ingin dipermanenkan Barca disebabkan oleh usia yang masih muda, yaitu 26 tahun. Traore masih bisa berkembang seiring berjalannya usia ketika dibina oleh tim sekelas Barcelona.

Menarik jika melihat kembalinya Adama Traore ke Barcelona, ini menjadi pembuktian bahwa dirinya pantas bermain di tim asal Catalan tersebut. Adanya klausul kontrak permanen untuk Barca, Adama memiliki kans dipertahankan.