Victor Wanyama Resmi Gabung Montreal Impact, Begini Rekam Jejak Karirnya?
nonleaguezone.com – mengumumkan pada hari Selasa bahwa klub telah resmi datangkan gelandang internasional Kenya dan kapten tim Victor Wanyama sebagai Designated Player (Marquee Playernya MLS Amerika Serikat), menyusul transfer bebas dari klub Inggris Tottenham Hotspur FC.
Dia menandatangani kontrak tiga tahun dengan klub. Dia akan bergabung dengan klub setelah menerima sertifikat transfer internasional dan lulus medisnya. “Victor adalah pemain penting dengan karier yang hebat,” kata Direktur Olahraga Olivier Renard. “Pengalamannya yang tak terbantahkan juga akan membantu mendukung para pemain muda dan membantu mereka berkembang.”
“Saya sangat senang bergabung dengan klub yang menarik seperti Montreal Impact,” kata pemain berlabel Designated Player, Victor Wanyama. “MLS terus tumbuh setiap musim dan saya menantikan untuk membawa kesadaran lebih lanjut kepada tim, kota, dan liga ini di seluruh Afrika. Ketika saya berbicara dengan Thierry selaku pelatihnya dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia ingin saya bergabung dengannya di Montreal, saya tidak perlu berpikir dua kali.
Dia selalu menjadi pemain yang saya kagumi, dan saya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengannya dan memainkan peran yang dapat memastikan bahwa Montreal Impact mengalami musim yang lebih baik dan mudah-mudahan mencapai tahap akhir kompetisi. di mana kita bersaing. Saya pikir keluarga Saputo dan tim manajemen di Montreal memiliki rencana besar di tempat dan saya berharap saya dapat memberikan kontribusi besar bagi keberhasilan proyek ini. “
Wanyama, 28, bergabung dengan Impact setelah bermain empat musim dengan klub Inggris Tottenham Hotspur FC, di mana ia mendaftarkan enam gol dan satu assist dalam 69 pertandingan, termasuk 47 pertandingan full, dan 4.385 menit. Dia adalah bagian dari tim yang mencapai Final Liga Champions UEFA 2018-19, tampil dalam lima pertandingan di babak sistem gugur termasuk melawan Borussia Dortmund, Manchester City dan Ajax.
Dia tidak dimainkan di final melawan Liverpool, 1 Juni 2019 lalu. Dia bermain sebanyak 13 pertandingan Liga Champions UEFA, dua pertandingan Liga Eropa, sembilan pertandingan Piala FA dan empat pertandingan Piala EFL dengan Spurs. Ia memenangkan Goal of the Month Liga Premier untuk Februari 2018, setelah gol yang mengejutkan melawan Liverpool.
Dia sebelumnya membuat debut liga Inggrisnya bersama Southampton F.C. pada 2013, menjadi pemain Kenya pertama yang muncul di EPL. Dalam tiga musim bersama Sputhampton, dia mencatat empat gol dan dua assist dalam 85 pertandingan Liga Premier, termasuk 74 pertandingan awal, dan 6.515 menit.
Dia juga ambil bagian dalam tiga pertandingan kualifikasi Liga Eropa, tiga pertandingan Piala FA dan enam pertandingan Piala EFL. Sebelum bergabung dengan Liga Premier Inggris, Wanyama bermain dua musim dengan Celtic FC, membantu kllub memenangkan dua gelar Liga Premier Skotlandia pada 2011-12 dan 2012-13, dan Piala Skotlandia pada 2013. Ia juga dinobatkan sebagai Pemain Muda SPL setelah musim 2012-13. Dia mencetak 10 gol dan tujuh assist dalam 61 pertandingan musim reguler, termasuk 55 pertandingan awal, dan 4.911 menit, saat tampil dalam tujuh pertandingan Liga Champions, lima pertandingan Liga Eropa, sembilan pertandingan Piala Skotlandia dan enam pertandingan Piala Liga Skotlandia.
Antara 2008 dan 2011, Wanyama bermain dengan Beerschot AC di Belgium Jupiler Pro League, tampil dalam 41 pertandingan reguler, delapan pertandingan playoff dan lima pertandingan Piala Belgia. Dia memulai karirnya dengan klub Kenya Nairobi City Stars dan AFC Leopards di Kenya Premier League pada 2006 dan 2007, sebelum bergabung dengan klub Swedia Helsingborgs IF U21 team.
Di tingkat internasional, Wanyama telah mencetak tujuh gol dalam 56 pertandingan dengan tim nasional Kenya, berulang kali mengenakan ban kapten sejak 2012. Dia melakukan debut seniornya pada 2007 saat berusia 15 tahun. Dia memulai tiga pertandingan di Piala Afrika 2019 dan telah tampil di beberapa pertandingan kualifikasi Piala Dunia dan AFCON sepanjang karirnya.